Warning: Tinta Printer akan/sudah habis .....

Ciri Khas Printer Canon, terutama jika dilakukan modif pada tintanya dari Cartridge dan tinta Orisinill menjadi tinta modifikasi biasanya akan menjadi error atau terjadi blink, apabila tinta asli di dalam Cartridge tersebut habis.

Dalam keadaan demikian biasanya indikator tinta atau alarm memberitahukan bahwa tinta hitam atau berwarna telah habis, padahal kita yakin bahwa tinta di dalam Cartridge tersebut masih penuh.

Baiklah, barangkali perlu panik dan perlu ganti Cartridge Baru yang sangat mahal, Namun, ada cara yang dapat dilakukan selain panik dan mengganti cartridge, yaitu dengan cukup melakukan menekan tombol "Resume" saja.

Langkah-langkah menekan tombol Resume, beberapa printer Canon berjenis :
a. Canon Pixma seri IP:
* Tekan agak lama, sekitar 30 detik sampai dengan 60 detik, pada tombol stop/reset.
* Setelah itu, selesai masalahnya.

b. Canon Pixma seri MP ke atas:
* Jika indikator tinta hitam/Black yang menyala:
Tekan secara bersamaan tombol Stop/reset dan tombol hitam/Black selama sekitar 30 detik sampai dengan 60 detik.

* Jika indikator tinta warna/Color yang menyala:
Tekan secara bersamaan tombol stop/reset dan tombol warna/color selama sekitar 30 detik sampai dengan 60 detik.

c. Canon Pixma seri MX320/MX328:
Jika Blink (kuning) pada alarm, dan ada pesan: check ink pada Printer Canon MX 238, lakukan tahapan berikut, yaitu:
A. Mereset dulu Canon Pixma MX328
Langkah-langkah mereset manual Printer Canon Pixma MX 328 yang paling efektif adalah sbb:
1. Matikan Printer,
2. Cabut kabel power,
3. Pastikan USB di printer ke komputer masih tetap terpasang.
4. Tekan tombol Stop/Reset, tahan, jangan dilepas sekitar 3 sampai dengan 5 detik.
5. Tekan tombol On/Off, tahan sebentar jangan dilepas, bersamaan dengan itu lepaskan tekanan pada tombol Stop/Reset.
6. Sekitar 3 second, hitung dengan cara mulut: satu...dua...tiga dan tekan tombol Stop/Reset. Kemudian menghitung pakai mulut lagi satu ..dua..tiga.. (maksudnya, 3 detik), kemudian tekan (lagi) tombol Stop/Reset.
7. Silahkan tunggu proses 'save mode' beberapa saat. Pada layar Display akan ada tulisan "Save mode" (seharusnya, pastikan ya).
8. Selanjutnya tekan lagi tombol "Stop/Reset" 4 kali, selang waktu diantara penekanannya, lakukan seperti nomer (6) sebelumnya di atas, dengan menghitung angka satu,dua,tiga,empat (4 detik, maksudnya). Setelah proses ini pada layar display (seharusnya, pastikan) akan ada tulisan "SAVE MODE, IDLE", yang menunjukkan printer dalam keadaan 'idle'.
9. Berikutnya tekan tombol On/Off 2 kali, lama waktu penekanannya sama dengan di atas. Biasanya printer akan segera mati.
10. Tunggu sekitar 1 sampai dengan 2 menit, kalau printer tidak mati dengan sendirinya, matikan printer dengan menekan tombol On/Off sekali lagi.
11. Kemudian, segera, idupkan lagi printer dengan memasang kembali kabel power dan menekan tombol on/off (menyalakan perangkat keras printer, bukan mencetak).

B. Melakukan "resume" MX328.
Setelah Proses di atas dilakukan (proses A), Pada printer seri MP, setelah proses mereset di atas biasanya printer langsung bisa dipergunakan, tetapi untuk MX328 masih harus melakukan langkah "resume", yaitu dengan langkah sebagai berikut:
1. Lakukan Test Print pada printer untuk mencetak sebuah dokumen.
2. Proses mencetak biasanya akan mengalami kemacetan di tengah jalan. Akan muncul indikasi "Error" pada layar display dengan indikasi "Paper Jammed". Kita diperintah untuk mengeluarkan kertas yang macet, dan ada tulisan tinta hitam atau warna dalam kondisi "Low".
3. Jika terjadi demikian, lakukan: Langsung pencet saja tombol 'black' tanpa menekan tombol lain, dalam waktu sekitar 3 sampai 5 second. Printer seharusnya langsung dapat digunakan. Demikian halnya apabila cartridge 'color' yang kehabisan isi, tekan saja tombol 'color' dg waktu yang sama.
4. Selanjutnya, coba untuk mencetak dokumen sekali lagi, maka Canon Pixma MX328 seharusnya sudah bisa bekerja normal kembali tanpa membeli Cartidge baru lagi.

Barangkali ada cara lain selain proses (A) dan (B) diatas, yang agak berbeda, misalnya:
1. Pada langkah awal, yang dilakukan adalah:
- Menahan tombol stop
- Kemudian menahan tombol power,
- Kemudian melepas tombol stop, dan menekan kembali tombol stop sebanyak 2 kali
- Maka printer kemudian akan berada dalam "service mode"

Permasalahan di sini adalah setelah led alarm masih menyala, tidak ada tulisan "idle", sehingga perlu menakan dan menahan tombol color/black bersamaan dgn tombol stop, maka led alarm akan berhenti menyala dan muncul tulisan "idle". Berikutnya, setelah printer dimatikan dan dihidupkan kembali, bisa untuk melakukan print seperti biasa

2. Atau dengan cukup menekan Tombol STOP dan BLACK (untuk tinta hitam) secara bersamaan, dan ditahan kira-kira 5 detik, biasanya langsung OK lagi

3. Atau pada saat setelah melakukan pengisian ulang terhadap tinta hitam maupun warna pada Canon MX328. dan ketika akan melakukan Test Print, akan muncul Warning yang memberitahukan kalau Tinta akan/sudah habis, dan hanya ada Tombol Cancel pada Warning tersebut.

Pada pesan Warning yang ada di layar PC biasanya hanya disuruh untuk menekan Tombol STOP untuk beberapa detik agar dapat melanjutkan kembali Test Print tersebut dan meng-Ignore pesan Warning tersebut.

Dan biasanya setelah melakukan sesuai dengan perintah yang tertulis pada pesan Warning tersebut, sudah bisa menggunakan kembali Printer Canon MX328

4. Pada prinsipnya, direset secara manual, maupun dengan software, problem belum bisa teratasi, dan kemungkinan terbesarnya adalah cartridge mati dan perlu diganti, namun sebelum itu alangkah baiknya kita mengupayakan yang terbaik.

Untuk memastikan, apakah terjadi kerusakan pada cartridge, kita dapat meminjam dulu cartridge yang masih hidup, kemudian mengganti cartridge anda. Jika masih juga tidak bisa berarti masalahnya bukan pada cartridge tinta tetapi pada sistem mekanik printer. Dan jika demikian, alangkah baiknya dibawa saja ke Canon Service center atau servis printer terdekat.


***Semoga Berhasil